Bupati Dompu : Sinergitas Pemda dengan TNI Harus Terus di Galakkan

Dompu,-Bupati Dompu H. Kader menjadi Inspektur Upacara pada acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Serakapi kecamatan Woja, Rabu (08/05/24).

Upacara pembukaan dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Dompu H. Andi Bachtiar, Kasrem 162/Wira Bhakti Kolonel Infantri Susanto Lastua Manurung, Dandim 1614/Dompu Riyan Oktiya Virajati, Dandim 1608/Bima Letkol Infantri Lulianto, Sekretaris Daerah Gatot Gunawan PP.

Kemudian ikut juga hadir sejumlah pimpinan Perangkat Daerah, Kepala Depag,  Ketua GOW, Unsur Muspika,  Kades, Pimpinan BUMN/BUMD serta elemen penting lainnya.

H. Kader Jaelani dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan  TMMD merupakan program terpadu antara TNI, Pemerintah Daerah serta masyarakat, yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah.

Kegiatan ini, merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama pemerintah daerah serta komponen masyarakat.

Bupati menambahkan sejak hadirnya kegiatan ini, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas. 

Karena program ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang bersinergi dengan program pemerintah baik pusat maupun daerah, terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Menutup sambutannya H. Kader Jaelani menyampaikan kepada pemerintah desa dan masyarakat yang menjadi lokus TMMD ini untuk mendukung sepenuhnya pelaksanaananya serta perangkat daerah terkait juga ikut membantu.

“Saya meminta laksanakan kegiatan TMMD secara sinergis terpadu, sehingga  akhir dari  kegiatan  ini   nantinya dapat benar-benar maksimal” ujarnya.

Kesempatan yang sama Dandim 1614/Dompu Riyan Oktiya Virajati, ST. MM dalam laporannya mengatakan pelaksanaan kegiatan TMMD ke-120 berlangsung selama 30 hari mulai dari 8 Mei sampai dengan 6 Juni 2024 dan bertempat di  Desa Serakapi dan Desa Madaprama Kecamatan Woja.

Adapun sasaran pembangunan fisik di Desa Serakapi, pembukaan jalan 5x1.800 m dan pembuatan gorong-gorong plat 1 unit 1x5 m sedangkan di Desa Madaprama rehab musholla Assalam 7x7 m dan pembuatan jembatan 3x3 m. 

Sedangkan pembangunan non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, Kamtibmas, Pertanian, Bahaya Narkoba, Pengunaaan Digital Managemen Kewirausahaan, kehutanan, Kesehatan KB, Posyandu, stunting dan Posbindu, Radikalisme dan Terorisme, Lingkungan Hidup dan Rekrutmen TNI AD.

Sumber dana TMMD didukung dari APBD Kabupaten Dompu sejumlah Satu Milyar Rupiah, dana operasional TNI alokasi dari satuan atas dan bantuan pihak lainnya di wilayah Kabupaten Dompu yang sifatnya tidak mengikat.(adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama