Dinsos Dompu Salurkan Bantuan Dari Kemensos Pada 117 Orang

Dompu,-Dinas Sosial Kabupaten Dompu NTB menyalurkan sejumlah paket bantuan kepada 117 orang penerima. Bantuan yang terlihat menumpuk diruangan Bidang Rehsos itu ternyata bersumber dari Kemensos RI melalui Balai Sentra Paramitha Mataram.

Program itu yakni atensi khusus Bidang Rehabilitasi Sosial yang diperuntukan bagi Pelayanan Kesejahteraan Sosial dengan jenis klasternya untuk anak, lansia, disabilitas dan napza.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu melalui Kabid Rehabitasi Sosial, Dede Mulyadi, AKs kepada media ini diruang kerjanya pada Rabu (01/05/24).

Dijelaskan Dede, dari jumlah penerima sebanyak 117 orang itu, masing-masing berbeda-beda jenis barang peruntukannya, dan barang yang diterima tersebut untuk usaha penerima sendiri.

Kabid Rehsos Dinsos Dompu, Dede Mulyadi, AKs

Adapun jenis usaha yang akan dijalankan oleh penerima dari 3 kategori penerima itu yakni usaha warung sembako, usaha ternak ayam, usaha ternak bebek, usaha jual nasi, usaha jasa laundri, usaha pembuatan kue kering, usaha, usaha warung makanan, jual karwiti, jual ayam bakar, jual ikan, usaha bengkel motor, usaha pertukangan kayu, usaha sembako, bantuan atensi kewirausahaan warung kopi, usaha pertanian, usaha warung kelontong dan usaha servis elektronik.

Sementara untuk paket nutrisi, paket bersih diri, paket perlengkapan tidur dan paket perlengkapan sekolah bukan menjadi usaha karena jenis barang itu merupakan barang untuk dikonsumsi dan digunakan yang diperuntukan khusus anak saja.

"Bedakan jenis bantuan khusus menjadi usaha dan untuk dikonsumsi. Kalau dikonsumsi itu barangnya harus dipakai habis atau dimakan dan itu khusus anak saja. Sedangkan barang jenis usaha diatas khusus bagi penerima non anak yang sifatnya khusus untuk dikelolah sebagai usahanya,"jelas Dede.


Sedangkan khusus penerima yang menyandang disabilitas itu ada 2 yakni disabilitas ODGJ dan disabilitas mental. Jadi bagi yang tidak bisa melakukan aktifitasnya maka yang dibantu itu adalah keluarganya dalam bentuk jenis barang usaha untuk dikelolah tapi bukan untuk dikonsumsi, kecuali paket nutrisi yang harus dimakan yakni khusus anak saja.

"Saya berharap, agar paket bantuan ini dapat digunakan dan dikelolah dengan sebaik-baiknya,"harap Dede.(adv)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama